Menu
Cilacap Online Center

Usaha Budidaya Ikan Nila Praktis dengan Media Terpal Mulai di Lirik Pengusaha


Related image

Budidaya Ikan Nila Sekarang Lebih Praktis. Mengapa demikian? Hal ini tentu menjadi kabar yang sangat menarik bagi anda pemudidaya ikan air tawar bukan? Nah.. kali ini akan di bahas tentang Budidaya ikan nila dengan sistem yang lebih praktis. Tentunya dengan menggunakan media kolam terpal bulat.

Memulai usaha budidaya ikan nila sangat menjanjikan, mengingat selera masyarakat Indonesia menyukai makanan yang berasal dari ikan air tawar.

Cara beternak ikan nila bisa dilakukan melalui beberapa cara dan anda bisa ikuti caranya sebegai berikut ini:

Cara Beternak Ikan Nila

Image result for ikan nila


Secara Konvesional

Related image

Yang dimaksud dengan cara konvesional adalah cara lama yang selalu digunakan orang pada mulanya.

Cara ini adalah dengan beternak di kolam buatan di kebun atau lahan yang luas. Pengusaha harus membuat kolam terlebih dahulu dan bisa disemen agar kuat.

Sistem pengairan, pemberian makan, pembersihan kolam, serta perawatannya harus sangat diperhatikan supaya menghasilkan panen terbaik.


Budidaya Kolam Terpal

Related image

Budidaya ini adalah cara yang digunakan pada masa kini. Dengan hanya membeli kolam terpal saja, ternak ikan nila sudah bisa Anda mulai.

Dengan menggunakan kolam terpal bulat maka anda akan dapat menghemat air, lahan, waktu, hingga pakan ikan bisa anda hemat. Bahkan cara pembersihan serta perawaatannya pun sangat mudah dibandingkan dengan kolam ikan air tawar jenis lain.

Sekarang waktunya anda yang harus mencobanya.

Panduan Memulai Usaha Budidaya Ikan Nila

Dalam memulai usaha budidaya ikan nila ini, ada beberapa hal yang harus Anda mengerti di awal sebelum memulai. Mengingat memulai usaha budidaya ikan nila itu tidak semudah apa yang Anda pikirkan.

Memulai usaha budidaya ikan nila membutuhkan wawasan yang cukup sebelum Anda memulainya, oleh karena itu Anda harus tau beberapa hal berikut ini:

Menjadi pelaku bisnis


Budidaya ikan nila ini merupakan lahan bisnis yang menjanjikan. Dan kabar baiknya adalah usaha ini bisa dilakukan oleh orang biasa bahkan pemula sekali.

Dalam praktiknya, yang perlu disadari adalah mempunyai keinginan untuk menjadi pelaku bisnis. Biasanya hal ini memang menjadi tolok ukur seseorang dalam memulai bisnis. Dengan adanya keinginan yang mantap. Maka anda akan menikmati usaha atau bisnis yang anda jalankan, seperti berbudidaya ikan nila.

Mengetahui selera pasar


Mengapa memilih ikan nila? 


Rasanya memang enak, dan Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Selain ikan air laut, ikan air tawar pun sangat digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Terlebih lagi ikan ini tidak menimbulkan alergi seperti pada beberapa jenis ikan yang lain.

Mengetahui peralatan utama yang digunakan


Seperti yang telah dijelaskan di awal, budidaya ikan nila saat ini memakai sistem kolam terpal. Jadi alat yang mesti ada tentu saja kolam terpal yang baik, juga tenaga untuk memasangnya. Selain itu perlu juga timba, selang, pipa, jaring, dan pompa air.

Memilih karyawan 


Bila sebagai seorang pengusaha tidak bisa terjun langsung ke lapangan, bisa memilih karyawan yang berpengalaman untuk membantu mengelola usaha ini. Biasanya karyawan yang baik adalah yang sudah pernah mengelola budidaya serupa.Tapi bila tidak ada, bisa juga memanfaatkan teman atau keluarga untuk bersama-sama mengerjakan usaha ini dari awal.

Demikian artikel tentang budidaya ikan nila sekarang lebih praktis, semoga bermanfaat

No comments